[ Review Film ] Thaghut (2024)

by - September 16, 2024


Jenis Film: Horror
Produser: Nunu Datau, Agung Saputra
Sutradara: Bobby Prasetyo
Penulis: Lele Laila
Casts: Yasmin Napper, Arbani Yasiz, Ria Ricis
Durasi Film: 1 jam 42 menit

Sejak tahun 2023, kayaknya produksi horor film di Indonesia lagi banyak-banyaknya. Terbukti menjelang akhir tahun 2024 ini masih banyak banget film horor yang akan rilis. Jadi bingung mau nonton yang mana dulu wkwkw.  

Nah, weekend ini, saya, doi, temen doi dan adik laki-laki saya memutuskan untuk menonton salah satu film yang masih tayang di bioskop, yaitu Thaghut. Awalnya saya mengira judul ini berarti "takut" karena pengucapannya yang serupa dengan kata takut. Namun, setelah mencari-cari di internet, ternyata thaghut memiliki makna tersendiri. Berikut melansir dari web muslim.or.id mengenai arti kata thaghut:

Secara bahasa, kata thagut diambil dari kata (طَغَى) yang artinya melampaui batas.

Secara istilah syar’i yaitu sebagaimana disampaikan oleh Imam Ibnul Qayyim rahimahullah : thagut adalah segala sesuatu yang menyebabkan seorang hamba melebihi batasannya, baik itu sesuatu yang diibadahi, diikuti, atau ditaati. Syaikh Muhammad At Tamimi rahimahullah menjelaskan bahwa thagut ada banyak. Thagut yang paling besar ada lima : iblis – semoga Allah melaknatnya-, siapa saja yang dijadikan sesembahan dan dia ridho, barangsiapa yang mengajak manusia untuk menyembah dirinya, barangsiapa yang mengetahui tentang ilmu ghaib, dan barangsiapa yang berhukum dengan hukum selain yang Allah turunkan.


Film diawali dengan kematian Abah Mulya yang dipercaya sebagai "orang pintar" yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit hinggal viral di berbagai stasiun TV. Namun, kematian ini terasa sangat menyeramkan karena Abah Mulya meninggal dengan kepala terpenggal. 

Ainun (Yasmin Napper), seorang anak perempuan yatim piatu yang tinggal di sebuah pesantren, sangat mengidolakan Abah Mulya dan sering sekali melihat sosoknya di TV. Ainun sangat terkejut dengan kematian Abah Mulya, terlebih lagi ia juga mendapatkan fakta bahwa ternyata dia adalah anak dari Abah Mulya. Selama ini ia diasuh oleh Uwak Budi dan menyembunyikan identitas Ainun yang sebenarnya karena wasiat dari Ibu Ainun yang ingin menjauhkan Ainun dari Abah Mulya. 

Ainun pun marah dan berniat untuk melayat ke kediaman Abah Mulya. Kepergian Ainun didampingi oleh kedua temannya, yaitu Bagas (Arbani Yasiz) dan Rini (Ria Ricis). Sesampainya di desa, mereka disambut oleh Lingga, tangan kanan Abah yang ingin mewujudkan wasiat terakhir Abah. Yaitu menjadikan Ainun sebagai penerus padepokan Abah Mulya. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, Ainun harus melakukan serangkaian ritual yang mengerikan. Dan dari sinilah teror demi teror dimulai. 

Bagas dan Rini mulai merasakan adanya kejanggalan pada desa tersebut. Salah satunya adalah Bagas yang dilarang melantukan adzan oleh Lingga. Terlebih ketika mendapatkan keterangan tambahan dari Rahmat - anak dari istri kedua Abah, serta Ajeng - istri ketiga Abah. Mereka semakin yakin bahwa ilmu yang dimiliki Abah merupakan ajaran sesat dan harus segera membawa Ainun pergi dari desa tersebut. 

Jumpscare-nya lumayan oke, beberapa kali dibuat kaget dengan kemunculan setan yang tiba-tiba wkwk. Juga ada beberapa adegan yang cukup brutal, kalo nggak kuat, tutup mata aja. Saya suka film ini karena mengandung beberapa pesan religi, bahwa sesungguhnya Allah merupakan sebaik-baiknya penolong. Saya kadang sampai merinding ketika adegan Bagas melantukan azan dan ayat-ayat suci dengan penuh keyakinan hingga membuat sang iblis kepanasan. 

Menurut saya film ini cukup ringan dan alurnya pun sederhana, nggak yang terlalu diajak mikir pokok masalahnya apa dan bagaimana solusinya. Cukup fokus menikmati alur film hingga akhir. Oh ya, akting para pemainnya juga bagus banget, Arbani Yasiz sukses memerankan tokoh Bagas yang layaknya seorang hero dalam memutus rantai ajaran sesat Abah Mulya. Ria Ricis juga memerankan tokoh Rini dengan apik. Perannya sebagai santriwati yang kadang suka usil cukup memberikan hiburan tersendiri bagi para penonton. 

Nah, bagi kalian yang pengen coba nonton film horor, mungkin bisa dimulai dengan nonton film Thaghut. Yuk nonton sebelum kehabisan tiketnya!

--------------------------------------------------------------------------
Credit Photo: 

You May Also Like

0 komentar