10 Lagu Lawas Ini Dijamin Bikin Kamu Merasa Balik ke Masa Lalu!

by - September 22, 2019



Yuhuuu, karena bosan sama playlist yang itu-itu mulu, saya akhirnya mencoba untuk mencari-cari lagu-lagu lama. Lagu saat SD, SMP, pokoknya semua yang saya inget, yang saya pernah dengerin, saya coba cari kembali. Well, and it works gaes. 

Ketika saya ngedengerin beberapa lagu lama, saya ngerasa terlempar balik ke masa lalu anjay, wkwk. Entah seperti ada beberapa kilasan yang membayang. Semakin didengerin dan diresapi, jadi semakin kangen dengan masa-masa dulu. Aduh, jadi melo kan, haha.

Ternyata nih, gaes, sebenarnya saya juga penasaran kenapa musik bisa menyebabkan "dejavu". Saya juga sering merasa begitu walau bukan ngedengerin lagu lama. Ini saya kutip dari National Geographic Indonesia lewat webnya Bangtax :

"Sampai sekarang, ada hipotesis bahwa lagu-lagu favorit adalah sejenis super stimulus, memicu pola yang sama, tapi yang lebih kuat (pengaruhnya) dibandingkan lagu-lagu lain," kata Aucouturier. 

"Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas tersebut tidak memberikan rangsangan kuat terhadap bagian yang dirangsang, lebih kepada membuat keterhubungan di antara berbagai bagian (otak)," imbuh Aucouturier.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa mendengarkan musik bisa mempengaruhi otak kita, terismpan dalam memori sehingga kita bisa tetap merasakan kejadian-kejadian sesuai musik yang pernah di dengar pada masa lampau, walaupun tidak merasakan nya secara fisik, kita masih bisa merasakan ingatan memori yang tersimpan di otak, yang menyebabkan seakan-akan kejadian yang dulu akan terasa hidup kembali.

Jadi itu alasannya gaes, kenapa kalo kita ngedengerin suatu lagu, kita bisa terbayang sama masa-masa lampau. Wah, assique juga ya bahas ginian, wkwk. Otak kita sangat istimewa ternyata. 

Oke, udah intermezzo-nya, ya. Kali ini saya mau berbagi playlist lagu lawas. Siapa tau bisa juga ngingetin kamu sama masa lalu. Plis, jangan biarin saya nostalgia sendirian, wkwk. Check it out!

1. Mimpi yang Sempurna - Peterpan 

Pasti udah pada nggak asing lagi sama band legend yang satu ini. Yoi, saat itu saya masih kelas 3 SD ketika lagu ini booming. Lagu-lagu Peterpan emang yang paling banyak berperan dalam memori masa kecil saya. Karena setiap sore saya dan temen-temen saya termasuk beberapa teman abang sepupu rame-rame ke tetangga nyetel VCD ini, wkwk.



2. Cinta di Ujung Jalan - Agnez Monica 

Waktu pertama kali dengerin lagu ini kayaknya di MTV, deh. Tahun 2005 an kalo nggak salah. Mbak Agnez masih imut kinyis-kinyis gitu. Setiap dengerin lagu ini, saya kayak ngerasa patah hati gitu, padahal nggak ada memori patah hati anjay, 2005 itu saya masih kelas 5 SD wkwk.
Mungkin karena waktu itu saya ditinggal ortu saya merantau dan di rumah cuma sama kakek dan nenek, jadi nuansa "kesepian" dan "patah hati" nya berasa. 
Oh iya, kalo nggak nonton di MTV, saya minta tetangga buat nyetelin VCD itu, dan kalo denger lagu ini saya juga inget sama tetangga saya, hahaha.

3. Ungu - Melayang

Di sini di batas rindu, mencoba menegakkan langkahku
Mencari rasa yang hilang, bersamamu

Oke, di sini memori saya agak awkward. Lagi manjat pohon rambutan dan abang sepupu saya nyetel lagu itu pake speaker kenceng banget. Ya, sampe sekarang memori yang tertinggal ya itu hahaha.
Di jamannya, masih di tahun 2005, lagu-lagu Ungu seperti Demi Waktu, Seperti yang Dulu, Aku Bukan Pilihan Hatimu emang booming dan sering distel, sih.

4. Jujur - Radja

Nah, ini dia gaes. Band rock yang lagunya bucin, wkwk. Identik sama vokalisnya yang suka banget pake kacamata hitam. Yup, bang Ian Kasela :v
Dulu mbak sepupu saya ngefans banget sama band ini, tiap hari nyetel lagunya, bahkan sampe dibela-belain koleksi VCD nya.

5. Jangan Lupakan - Nidji

Pas jaman saya SMP, ada satu sinetron judulnya Namaku Mentari. Yang main Amanda, Nimaz Dewantary, Bobby Joseph, Kevin Julio, dll. Wkwkw, saya paling ngefans itu sama Bobby Joseph. Doi kalo main sinetron pasti bareng sama Amanda. Dan yah, saat SD-SMP saya emang hobi banget nonton sinetron, nggak ada hiburan gaes selain TV. Hape juga masih jarang kala itu, haha.

Nah, yang jadi soundtrack untuk sinetron itu adalah lagunya Nidji - Jangan Lupakan. And now, ketika saya denger lagu itu, ingatan tentang masa-masa SMP yang dipenuhi sinetron kembali bermunculan. Apalagi waktu itu nontonnya bareng sama nenek. Duh, jadi kangen nenek :')

6. ST 12 - Rasa yang Tertinggal

Well, sebenernya ini lagu muncul di tahun 2005. Tapi, kakak-kakak di sekitaran tempat main saya jarang ada yang tau band ini. Kayaknya sih mereka emang lebih prefer ke Peterpan sama Ungu, wkwk.

Jadinya, baru SMP saya dengerin lagu ini. Kelas 2 kalo nggak salah. Pas banget saat itu saya lagi suka sama satu cowok SMA yang tiap hari lewat di depan jalan SMP saya. Inget banget itu cowok pake helm merah sama motor Jupiter Z merah. Tapi, akhirnya kandas karena nggak bisa ketemu. Haha.

Dapatkah aku memeluknya?
Menjadikan bintang-bintang di surga
Memberikan warna yang bisa dan teruslah bisa, menjadikan indah :')



7. Hari Ini, Esok dan Seterusnya - Nirina Zubir

Tahun 2006 adalah tahun rilis film Heart. Udah bisa ditebak ini lagu juga jadi soundtrack film tersebut. Setiap denger lagu ini, nyeseknya berasa banget. Bahkan setelah 13 tahun berlalu, saya masih ingat potongan-potongan adegan di film itu.

Oh ya, saat itu saya juga punya sahabat kecil. Dia juga sama kayak saya, ditinggal merantau orangtuanya dan hanya tinggal bareng nenek. Kami beda empat tahun, dan setiap siang/ sore saya main ke rumahnya dan nyetel VCD yang isinya emang soundtrack film Heart. Jadi, emosi saya ikut terikat deh sama dia. Sekarang doi udah mau punya dede bayi :')

8. Saat Kau Pergi - Bunga Citra Lestari

Pertama kali dengerin lagu ini adalah di mall. Saat itu saya lagi lihat pertunjukan ice skating dan background musiknya adalah lagunya mbak BCL ini. Saya nonton bareng mama. Udah bisa ketebak kan, siapa sosok yang bikin saya nostalgia sama ini lagu? Wkwk. Emang pada jaman itu masih sering ditinggalin dan "aroma kesepian serta kehilangan" juga keikut sama saya.

Setelah gede (mungkin SMP kelas 2) saya baru tau kalo lagu itu jadi soundtrack film Dealova, haha.

9. Wind - Akeboshi

Siapa yang nggak kenal sama lagu legend yang satu ini? Yup, ending theme-nya Naruto gaes. Saya lupa tahun berapa, tapi kayaknya saya masih SD, kecil banget waktu itu saat banyak film-film kartun masih tayang di TV. Nontonnya ya so pasti bareng sama mbak dan abang sepupu. Jadi kangen masa cilik, deh. Saat kita jadi orang yang paling disayang dan dimanja. Sekarang mah boro-boro :')

10. What I've Done - Linkin Park



Oke, saya duluan tau soundtracknya daripada filmnya, haha. Yes, lagu ini jadi soundtrack Transformer. Yang robot-robotan bisa gelud itu loh gaes. VCD Linkin Park album Minutes to Midnight ini dibawa sama abang sepupu saya yang baru balik dari merantau. Saya baru banget itu masuk SMP, kelas 1 awal.
Setiap pagi sebelum berangkat sekolah saya nyetel VCD ini bareng adek saya yang masih kecil. Doi paling seneng di bagian "and wash away". Tapi ya namanya masih anak-anak, kalimat itu jadi "washowe" wkwkw. Hadeh, jadi kangen adek :')

Jadi gaes, kenapa ini isinya nostalgia yang sedih-sedih semua sih, hahaha. Ya, mungkin karena rasa sakit itu adalah rasa yang masih membekas kali ya. Jadinya masih nyisa sampe sekarang.

Itu list 10 lagu lawas yang bikin saya nostalgia. Kalo kamu, lagu apa yang paling bikin kamu merasa balik ke masa lalu?

* Credit Photo :

1. https://exploringyourmind.com/collective-nostalgia-for-the-past/
2. https://en.wikipedia.org/wiki/Minutes_to_Midnight_(Linkin_Park_album)
3. https://style.tribunnews.com/2016/09/16/masih-ingat-peterpan-berikut-ini-6-lagu-hits-ariel-dkk-di-album-bintang-di-surga
4. https://id.wikipedia.org/wiki/Jalan_Terbaik





You May Also Like

0 komentar