Pengalaman Pertama Belanja Online dari Luar Negeri

by - April 07, 2021


Beberapa waktu lalu, saya sempat ngobrol sedikit sama customer lewat Whatsapp chat. Nanyain peluang bisnis apa yang kira-kira bisa dijalanin sambil iseng-iseng hehe. Doi bilang kalau selama ini dia suka open jastip kayak merchandise, album K-POP dari Korea dan dia kasih saya web tempat dia belanja. 

Pas jalan-jalan di web yang doi kasih, ternyata di sana cukup lengkap. Ada album K-POP, merchandise, kosmetik, fashion sampai ke instant food/ snack. Nah, berhubung saya suka banget sama makanan, saya klik deh itu label Foods. Ternyata di sana banyak instant food sama snack Korea. Kebanyakan, sih ya mie instant ya guys, terus ada tteobbokki instant, trus aneka snack kayak chips, permen, cookies, kopi dan lain-lain. 

Kalau dilihat di web-nya, untuk harga barangnya sendiri cukup murah untuk ukuran snack/ instant foods. Kenapa kalau sudah masuk di Indonesia harganya jadi mehong banget? Ya karena ongkir dari Korea ke Indonesia juga lumayan mahal bossque. Belum lagi pajak impor-nya ya, kan? Maka, jangan heran kalau harga jual di Indonesia jadi tiga kali lipatnya karena memang biaya yang dikeluarkan nggak sedikit. 

Di sini saya coba buat katalog instant food/ snack dan coba tawarin ke temen-temen yang kebanyakan memang suka Korea. Dan, mereka pada nanyain ini halal atau nggak. Ya, saya jawab aja ini pesan langsung dari web Korea jadi pasti nggak ada label halalnya. Saya bantu sebisanya dengan mencari ingredients dari beberapa produk dan yang sekiranya aman-aman aja dikonsumsi sama muslim. Misal chips, kopi, cakes. 

Dan ada yang pesan dong wkwk. Ada teman nonmuslim yang pesan dan doi pesan mie instant Korea. Sempat mau nyobain beberapa produk mie instant tapi takut kurang sreg sama rasanya, apalagi dengan harga yang lumayan pricey. Ada juga teman muslim yang doyan banget sama mie instant tapi khawatir dengan komposisinya, jadinya doi pesan snacks aja. 

Ada beberapa item yang saya pesan termasuk titipan teman-teman. Nggak banyak, sih. Tapi, lumayanlah buat nyobain belanja online dari luar negeri, wkwk. Saya pengen tau caranya gimana, dan prosesnya seperti apa. Karena saya kerja di logistik dan sering ketemu customer yang suka belanja-belanja online di luar negeri, jadinya penasaran aja gitu :v 

Oke, pertama-tama kita harus buat akun dulu supaya bisa belanja. Ya kayak di marketplace di Indonesia ajalah macam Tokopedia, Shopee, Lazada, dll. Di sini saya daftarnya pakai email yang masih aktif. Kemudian isi data-data seperti nama, alamat dan nomor telepon. Abis itu tinggal lanjut masukin belanjaan ke keranjang, deh, wkwk. 
 


Untuk metode pembayarannya ada beberapa, sih. Tapi, seingat saya itu ada payment yang menggunakan Credit Card, Debit Card atau Paypal. Karena saya nggak ada Credit Card jadinya saya bayar pakai Paypal. Setelah pembayaran dikonfirmasi, pihak marketplace akan menyiapkan barang-barang yang kita pesan, bisa di tracking juga kok sampai sejauh mana persiapan barangnya dan apakah sudah dilakukan shipped out atau belum. By the way, karena ini web yang dari seluruh dunia bisa beli, jadi proses penyiapan barangnya juga agak lama ya, gaes. Tapi, nggak lama-lama banget kok. 

Oh, iya. Untuk metode pengirimannya ada yang biasa atau express. Dan itu ada beberapa pilihan seperti pakai EMS, DHL atau UPS kalau nggak salah. Dan ongkir ke Indonesia-nya juga lumayan. Semakin mahal semakin cepat. Kalau saya kemarin karena ada rekanan agent di Korea, jadi barangnya dikirim ke agent di Korea dulu (dengan lokal ongkir yang lebih murah) baru kemudian dari agent Korea diteruskan ke Indonesia dan di clearance sama perusahaan sendiri. Lumayan, ongkirnya bisa minta diskon ke Boss, wkwk. 

Barangnya datang sesuai pesanan. Kalau dihitung-hitung waktunya sekitar semingguan sampai selesai clearance kalau tidak ada dokumen yang diperlukan dari Bea Cukai. Cuma, ada barang yang di beberapa bagiannya rada penyok karena di box-nya tidak ada logo fragile. Tapi, nggak apa-apa yang penting isinya. Namanya juga barang impor naik pesawat, kecampur-campur sama barang bejibun lainnya. Syukurlah customernya pada mengerti, wkwk. 

Saya kemarin pesan satu snacks, namanya Honey & Apple snack dari Nongshim yang 90gr. Isinya emang banyak sih nggak berat di bungkusnya doang. Dan rasanya juga manis-manis madu krenyes gitu. Baru pertama nyobain snack Korea dan lumayan cocok sih sama rasanya. Temen yang pesen kopi juga bilang kopinya enak dan mie instan-nya enak tapi pedes wkwk. Temen yang pesan chips sih bilang bumbunya agak beda sama bumbu Indonesia tapi masih cocok sama lidahnya dia. Terus ada juga yang pesan ChocoPie Banana, karena yang dijual di Indonesia rata-rata cuma ChocoPie yang original. 

At least, menarik juga belanja dari luar negeri, wkwk. Bukan barangnya sih, tapi untuk sekarang punya pengalaman jajan-jajan kayak gini ternyata seru juga dan bisa jadi bahan cerita. Buat yang mau di spill nama web-nya atau mau nitip merchandise, kuliner atau fashion Korea bisa aja DM saya ya. Atau mau ada impor/ ekspor ke beberapa negara tertentu, bisa juga tanya-tanya. Di pojok kanan atas ada link akun sosmed saya. 

#Credit Photo : Personal Collection by Me (Nira Kunea)

You May Also Like

0 komentar