Catatan 14 Hari Isolasi Mandiri

by - February 07, 2021


ALHAMDULILLAH ALA KULLI HAAL. 

Jadi, guys. Akhirnya setelah dua minggu dipingit, saya bisa balik kerja lagi. I feel so excited dan ini udah dua mingguan saya keluar tapi baru sempat bikin cerita. Hehe. Kenapa dipingit? Yup, hasil Swab PCR per tanggal 28/12 punya saya positif. It means, I had corona virus. 

Itu hari Rabu, 23/12 ada customer baru, ngirim barang semacam instrumen kesehatan. FYI saya kerja di logistik. Barangnya tiba Selasa malam dan HARUS keluar hari Rabu. Karena besoknya, 24/12 rata-rata perusahaan cuti bersama dan ada kemungkinan Bea Cukai libur. Jadi, selama seharian penuh mulai dari jam delapan pagi sampai jam delapan malam itu bener-bener under pressure banget. Proses clearance-nya sendiri nggak berjalan begitu mulus. Barang yang dikirim merupakan barang yang terkena pembatasan impor (perlu izin edar alat kesehatan) dan dokumen PIB (Pemberitahuan Impor Barang) punya saya bolak-balik masuk Analyzing Point Bea Cukai. Nunggu analyzing-nya selesai pun juga lumayan lama karena antrian, dan selama itu pula Boss nelepon mulu nanyain udah belum udah belum wkwk. 

Seharusnya kalau nggak ada masalah, setelah analyzing selesai akan keluar billing pajak yang harus dibayar customer. Nah, customer yang mau bayar billing ini mau naik pesawat dan kalau misal billing-nya nggak dibayar, barangnya nggak bakal bisa diproses. That's why my Boss setiap setengah jam sekali nge-Whatsapp udah belum, orangnya mau naik pesawat, haha. 

Akhirnya setelah melewati proses yang cukup panjang, dokumen pengeluaran barang akhirnya saya dapat sekitar jam setengah enam sore. Badan udah lemes banget, suara udah serak-serak abis karena saya juga banyak telepon untuk komunikasi dengan tim operasional di bandara. 

Malamnya, saya langsung demam. Badan pegel kayak abis digebukin, mau bangun rasanya udah nggak kuat, wkwk. Itu, saya langsung minum tolak angin pegal linu. Paginya, badan udah kerasa enakan tapi hidung jadi agak tersumbat dan suara aing jadi bindeng. Well, awalnya saya ngira itu hanya pilek biasa. Karena nggak ada history jalan-jalan ke mana-mana. Cuma kisaran kantor sama kosan. Dan kalau otw kantor pun saya naik motor. Hari Kamisnya saya masih masuk lembur setengah hari dan masih makan bareng sama temen-temen. 

Hari Jum'at libur. Saya masih beres-beres kayak nyuci, nyeterika, dll. Pileknya masih cuma nggak pusing dan nggak demam. Tapi, tapiiiii, hari Sabtunya saya nyoba nyium-nyium bau lotion kok nggak ada baunya. Nyium minyak angin juga cuma kerasa pedes panas doang. Ih astaga what happens. 
Karena nggak pusing atau ngerasa nggak enak badan, saya tetep masuk kerja. Saya berpikiran kalau anosmia-nya itu karena efek hidung tersumbat. 

Oke, skip. Hari Sabtu saya masuk setengah hari dan sorenya saya mampir ke kosan temen. Di sana saya makan mie yang puedess banget. Tau Mie 100 Jalapeno? Gila sih, itu pedes banget, yang doyan pedes cobain deh. Saya makan itu niatnya buat merangsang indera, tapi nihil. Saya cuma ngerasain panas sama nyelekit di lidah sambil nggak sadar nangis karena kepedesan wkwk. 
Biasanya juga kalo di kosan temen tuh suka kecium bau ketek dia, tapi ini sama sekali nggak ada bau ya kek hambar gitu wkwk. 

Minggu-nya, karena penciuman belum kembali, saya mutusin untuk ke klinik. Pas saya cerita kalau nggak bisa cium bau, dokternya langsung saranin untuk rapid antigen. Rapid antigen ini ya, guys, tingkat keakuratannya sekitar 80% untuk mendeteksi corona virus. Dan sampel yang diambil adalah cairan dari hidung dan tenggorokan. Cuma waktu tunggunya nggak selama kayak swab PCR. Paling sekitar dua puluh menit sampai satu jam paling lama. 

Selama tiga puluh menit nungguin sambil dagdigdug der, hasilnya keluar and it said POSITIVE. Saya disaranin untuk ke rumah sakit untuk perawatan. 

Saya udah panik tuh kan, takut nularin ke yang lain. Akhirnya malamnya saya langsung ke RS Royal Taruma yang dekat sama kosan. Tapi, sama dokternya tetep disaranin untuk swab PCR dulu untuk bener-bener mastiin. Jadwal pengambilan sample hanya sampai jam lima sore. Ya sudah saya balik pulang sambil jaga jarak dengan orang sekitar. 

Besoknya, hari Senin 28/12 saya balik ke rumah sakit untuk swab PCR. Balik ke kosan sekitar jam setengah dua belas siang. Itu saya udah nggak tenang banget guys, ya walau nggak ada gejala lain selain pilek dan anosmia. Bahkan demam, pusing pun enggak. Saking paniknya, saya tidur lebih awal, jam sepuluh malam udah merem padahal biasanya juga melek sampai pagi wkwk. 

Tanggal 29/12 saya balik lagi ke RS. Sendirian loh ya gais udah kek pendekar. Saya ke loket laboratorium dan ngasih kuitansi untuk ambil hasilnya. And well, petugasnya nyari-nyari hasilnya dan nggak ada. Saya malah disuruh masuk ke ruang IGD. Feeling aing udah nggak enak banget. 

Ternyata hasilnya ada di ruang IGD dan hasilnya juga sama, positif. Abis dikasih tau kalau hasilnya positif, saya kemudian nimbang BB, ukur tinggi sama dicek saturasi oksigennya. FYI BB aing 53 dan TB 157. Hmm, masih cukup seksis wkwkwk. Oke, abis itu dicek denyut jantung sama dicek tekanan darah terus ditanyain apa yang dirasakan. Setelahnya dikasih resep obat dan disuruh isolasi mandiri selama 14 hari. Saya sempat nanya kalau misal isolasi di RS apakah bisa? Dokternya bilang kalau ruang isolasi juga lagi penuh dan yang antri pun masih belum dapat tempat. Yaudah deh akhirnya saya isolasi mandiri aja di kosan. 

Setelah bayar di kasir, saya duduk di ruang tunggu sambil ngabarin ke yang lain. Aslilah rasanya kayak mimpi banget. Padahal udah dari jauh-jauh hari planning Desember ini mau balik kampung. Tapi, Allah berkehendak lain gaes, tetap positive thinking ajalah. 

Nah, pas lagi duduk di ruang tunggu, si Mr. Lee (manager perusahaan saya) nelepon. Dia nanya. "Kena korona, ya?"
Saya sambil senyum getir bilang, "iya, Mr."
"Ya, senang sekali, ya?" 
Astaga ini Mr ngeselin banged, wkwkw. 
"Makanya kamu pakai masker, blablabla." Saya kalo keluar memang selalu pakai masker. Rajin cuci tangan juga kalau habis dari mana-mana. Pokoknya abis itu doi ceramah dsb dsb. 

Tapi, ya saya ngerasa aneh aja. Saya statusnya udah pasien terkonfirmasi Covid-19. Dan saya masih bisa keluar rumah. Coba kalo misal saya bandel, saya pasti udah jalan-jalan iseng jahat gitu. Tapi, syukurnya saya nggak bandel anaknya wkwk. 

Itu ane sedih banget guys. Harusnya saya bisa pulang kampung karena udah setahun lebih nggak pulang kampung. Tapi, alhamdulillah ala kulli haal. Saya mencoba kuat dan bersyukur karena nggak ada gejala yang berat. Btw, saya tinggal di rantauan sama bapak. Bapak udah pulang kampung jadi pas isolasi saya sendirian. Buat makan, kebutuhan dll syukurnya tetangga pada baik. Kadang saya masak sendiri kalo lagi mood. Kadang minta tolong tetangga buat beliin. 

Pas isolasi mandiri itu saya juga sempat telemedicine sama dokternya. Ya kayak semacam konsultasi online gitulah. Di situ saya dikasih tambahan obat sama multivitamin. Disuruh istirahat, makan teratur dan kalo ada gejala yang lebih berat bisa segera ke rumah sakit. 

Sorenya, kantor langsung adain rapid antigen dan alhamdulillah temen-temen saya hasilnya negative semua. 

Di hari kedua isolasi, setelah minum obat yang gede-gede banget, alhamdulillah saya udah mulai bisa mencium bau guys. Ya, walaupun baru agak sengir gitu. Sama badan enakan abis minum vitamin. Nggak ada yang berarti sih di hari kedua isolasi. Cuma si Lee masih suka nelepon nanyain kerjaan, hadeh wkwk. 

Hari ketiga isolasi, penciuman udah makin membaik. Waktu itu saya ditelepon sama petugas Puskesmas di sekitar kosan saya. Beliau menanyakan foto KTP buat data. Awalnya sih takut kalau penipuan atau apa. Tapi, setelah beliau ngejelasin akhirnya percaya karena Pak RT ternyata juga ada laporan. Beliau juga bilang kalau nilai CT hasil swab PCR saya udah tinggi jadi kemungkinan untuk nularin virus itu udah minim. Yah, semoga aja KTP-nya tidak disalahgunakan.  

Day 4 - 6, karena sebenarnya itu hari libur jadi saya nggak WFH. Oh, ya, karena nggak ada gejala berat, jadi sambil isolasi saya masih bisa nyambi WFH (Work from Home). Pas libur itu sehari-hari kerjaannya main game, liat tiktok, scroll sosmed, rebahan, makan, minum obat. Dah monoton banget rasanya hidup gw wkwk. Tapi, saya bersyukur banget karena sampai hari keenam nggak ada gejala lain malah saya merasa makin sehat karena bisa hidup teratur. Bisa tidur di bawah jam sebelas malam dan bisa mandi sore sebelum Maghrib. 

[ Project Makeover : Game yang nemenin saya selama isolasi ] 

[ Maen Mobile Legends juga guys, wkwk ]

Day 7, entah kenapa I feel so homesick. Pengen liat dunia luar, pengen ketemu orang-orang, pengen ketemu emak, pengen ketemu doi aing. Melo banget rasanya. Mungkin karena efek enam hari sama sekali nggak ada interaksi langsung sama orang kali yah. I only can pray, hope my all beloved always given health and strength. 

Day 8 sampai hari-hari seterusnya, masih melakukan rutinitas yang sama. Bangun pagi, sholat subuh, rebahan, main game terus WFH. Sampai akhirnya hari Senin pun tiba. Hari Senin tanggal 11/01 adalah jadwal saya swab ulang. Ane otw sendirian naek motor ke RS. Hmm, setelah empat belas hari nggak lihat dunia luar, akhirnya saya diberi kesempatan untuk kembali merasakan hangatnya sinar matahari secara langsung. Sebenarnya pas mau swab ulang masih agak was-was karena tenggorokan masih agak berdahak dan suaranya agak bindeng. Sampe-sampe nanya ke dokternya kalau misal lagi berdahak bakal mempengaruhi hasil swab nggak? Dan katanya sih, enggak. 

Esoknya, hari Selasa, rasanya kek nggak mau ke RS buat ambil hasilnya wkwk. Deg-degan banget kayak trauma gitu, sih. Sampe-sampe direktur perusahaan saya bilang gini "hasilnya pasti akan negatif, jangan khawatir." Gila, sih. Dari awal saya kena covid itu Boss Besar selalu ngasih gw support. Setiap pagi nanyain kondisi sebelum nanya kerjaan. Well, doi emang baik banget, sih. 

Oke, sengaja saya datang agak siangan karena rasanya nggak karuan banget. Lagi-lagi otw sendirian kayak pendekar ke RS. Sampe kayak udah hapal alurnya harus lewat sini lewat sini trus ke sini, karena RS kan banyak lorongnya. Setelah sampai, saya langsung ikut antri di bagian laboratorium. Asli pas ngasih kuitansi ke mbak-mbak petugas rasa jantung udah kek mau lompat. Kalo misal mbak-mbaknya nyari hasil terus nggak nemu, udah yakin bakal disuruh masuk ke IGD lagi. 

Tapi, alhamdulillah ya Allah akhirnya mbak petugasnya menemukan amplop hasil swab PCR saya. Beliau langsung minta tanda tangan dan saya langsung srek srek srek abis itu bilang makasih. Belum buka hasilnya aja saya udah tau kalau hasilnya negatif. Pasti negatif. Karena kalo positif pasti disuruh masuk ke IGD. 

Saya menarik napas, ada kelegaan di sana. Saya duduk sebentar di ruang tunggu untuk membuka hasilnya. Dan sesuai yang saya kira, hasilnya negatif. Alhamdulillah. Saya seneng. Pake banget. Saya langsung ngabarin ke yang lain karena katanya Mr. Lee nanya mulu hasilnya gimana hasilnya gimana wkwk. Emang ya, tuh orang ckckkc. 

Nggak mau lama-lama di RS karena cukup membawa trauma yang agak mendalam, saya langsung otw ke tempat parkir. Di tempat parkir, saya udah ditelepon Mr. Lee ditanyain mau masuk apa enggak. Saya sih, pengen masuk aja karena bosan WFH terus. Pengen ketemu temen kantor, pengen ketemu doi, ya pengen ngobrol-ngobrol sama yang lainlah. 

Dan akhirnya, setelah pengambilan hasil itu, perjalanan isolasi mandiri saya berakhir sampai di sini. Cukup jadi pengalaman dan pelajaran bagi saya supaya lebih berhati-hati. Bagi kalian di luar sana, stay safe selalu, ya. Jaga kesehatan. Jangan sembarangan. Istirahat yang cukup, perbanyak makan buah, sayur dan minum vitamin. 

* Credit Photo : Personal Collection by Me (Nira Kunea)


You May Also Like

0 komentar