Biar Nggak Ngantuk Saat Ngantor, Coba 7 Tips Anti Ngantuk Berikut Ini!

June 01, 2016



Bagi para pekerja kantoran, pasti nggak ada yang lebih menyebalkan daripada ketika banyak kerjaan tapi mata nggak bisa diajak kompromi [alias ngantuk-rek]. Memang, ketika kantuk menyerang, biasa pengen meletakkan kepala di meja dan memejamkan mata untuk sekejap saja, wkwkwk.
Saat-saat yang rawan adalah ketika setelah makan siang. Antara pukul satu sampai pukul setengah tiga. Apalagi kalau cuaca sedang mendung dan hawanya agak-agak adem gimana gitu. Haduh, bawaannya pengen cepat-cepat pulang dan meluk guling. Hahaha.
Nah, biar nggak ngantuk saat ngerjain tugas kantor, 7 tips anti ngantuk di bawah ini, boleh juga dicoba!

1. Tidur Sejenak Saat Jam Istirahat
Sehabis makan siang [nggak mungkin, kan kamu menghabiskan waktu 1 jam istirahat hanya dengan makan siang aja?] setelah ada jeda sekitar 10 menitan, bolehlah tidur sejenak sekitar 10 – 15 menit. Riset membuktikan, tidur sejenak di siang hari bisa mempertajam naluri dan meningkatkan konsentrasi, lho!
2. Take a Break
Setiap 30 menit sekali, kamu perlu mengalihkan pandanganmu ke objek yang jauh. Hal ini berguna untuk mengistirahatkan mata untuk sejenak supaya mata tidak lelah. Berjalan-jalan sebentar untuk sekedar melemaskan otot-otot kaki dan tangan juga cukup ampuh, loh untuk mengusir kantuk. Yup, karena secara nggak sadar, kamu memberi jeda untuk otakmu sehingga nggak melulu berisi tugas-tugas kantor. Jadi nggak ngantuk lagi, deh!
3. Mencuci Muka
Kalau mata kamu sudah terasa berat dan mulai tidak bisa berpikir jernih, pergilah ke kamar mandi dan basuh mukamu dengan air dingin. Rasa dingin yang menjalar lewat sela-sela wajahmu, dijamin bakal bikin mata kamu kembali melek dan pikiran kembali fresh! [TS sering banget begini, xD]
4. Ngemil
Mbakbro, masbro... ada kemungkinan penyebab kantukmu nggak hilang-hilang karena pikiran kamu selalu terpusat pada pekerjaan yang kamu hadapi. Pekerjaan yang monoton dan konsentrasi yang berlebih, selain membuat otak merasa jenuh, ternyata bisa membuat kadar oksigen dalam darah ikut turun, lho!
Nah, agar konsentrasi nggak selalu terpusat pada tugas, coba selingi dengan mengonsumsi sedikit camilan. Seperti rujak misalnya. Rasa asam dari buah dan pedasnya sambal dijamin bikin otak kamu seger lagi [serius, ini testimoni dari pengalaman pribadi TS, xD]
5. Mengunyah Permen Karet
Suka makan permen karet? Kalau iya, bersyukurlah karena kita sedang bekerja, bukan memperhatikan penjelasan guru. Hehe. Sah-sah aja, kok makan permen karet di saat jam kerja. Apalagi kalau negara api [eh, kantuk maksudnya, xD] mulai menyerang. Segera buka bungkus permen karetmu dan kunyahlah!
Tau nggak, kesibukan saat mengunyah permen karet, dapat menghilangkan rasa kantuk dan mampu meningkatkan konsentrasi otak, loh.
6. Bercanda dengan Rekan Kerja
Well, rasanya pasti aneh kalau dalam satu ruangan tidak ada obrolan dengan sesama pekerja. Pasti sepi dan monoton. Dimana-mana hanya terdengar suara keyboard yang ditekan dengan kecepatan kilat [lebay amat, wkwk].
Oke mbak, mas, nggak ada salahnya, kok kamu coba mengobrol sebentar dengan rekan kerjamu. Sekedar ngomongin bola, ngobrolin sinetron yang makin hari makin nggak jelas, atau debat mana yang lebih keren, Civil War atau X-Men Appocalypse.
Ketika membicarakan hal-hal yang menarik, kantuk pasti nggak akan berani deket-deket, deh. Asal jangan keterusan, ya. Kerjaanmu pasti bakal numpuk segunung nanti, hahaha.
7. [Let’s] Play the Music

Biasanya, kalau mata udah mulai 5 watt saking ngantuknya, TS langsung pasang headset dan puter lagu favorit. Dijamin, deh, kantuk bakalan lari. Apalagi kalau yang distel lagu underground. Hahaha.
Nih guys, info yang TS dapet dari Embah Google, musik bisa merangsang pikiran untuk berkonsentrasi pada apa yang sedang kamu pelajari atau kerjakan. So, intinya, musik bisa membantu kamu untuk lebih fokus pada pekerjaan yang kamu hadapi.
Yapp, itulah beberapa tips anti ngantuk menurut pengalaman TS. Pasti ada yang bertanya-tanya kenapa ngopi nggak disertakan dalam list. Kenapa yaa? Wkwkwk. Sudah jadi kebiasaan, baik di luar maupun dalam negeri sendiri, kalau orang kerja terus ngantuk, pasti nyarinya kopi atau minuman berkafein lainnya. Iya ngga? ^^

#source image : Google

You Might Also Like

2 komentar

  1. Hihi kalau kerja jarang bisa manfaatin waktu sejam buat tidur, yang ada ngobrol-ngobrol nggak jelas sama yang lain. Artikelnya menarik. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Kak. Kalo saya malah lebih suka browsing nggak jelas. Haha.
      Btw, terima kasih sudah berkunjung! ^^

      Delete