Hilang Dalam Dekapan Semeru, Kisah-kisah Horor Pendakian Gunung

by - January 04, 2023



RJL 5 - Fajar Aditya, merupakan sebuah channel Youtube yang menayangkan konten-konten horor. Hingga saat ini, channel tersebut sudah memiliki sekitar 2,66 juta subscriber. Channel ini memiliki 3 segmen setiap minggunya. Pertama, segmen Horror Story yang menghadirkan narasumber. Cerita horor "Om Mamat" (Obrolan Malam Jumat) dan The Untold Story. Awal mula saya mengetahui channel ini adalah, saat melihat salah satu potongan podcast di Tiktok yang bercerita tentang pengalaman horor pendakian gunung bersama salah seorang narasumber. 

Saat ke Gramedia dan mulai mencari-cari asupan cerita horor, saya menemukan buku berjudul Hilang Dalam Dekapan Semeru, sebuah kumpulan cerita pendakian. Wah, dalam hati seneng banget. Karena cerita-cerita pendakian gunung memang selalu seru. Awalnya, saya nggak menyangka kalau buku ini adalah buku horor, karena cover-nya yang bagus, jauh dari kesan seram. Namun, setelah membaca sinopsisnya, rupanya ini adalah buku horor hasil karya pemilik channel Youtube RJL 5. 

Judul: Hilang Dalam Dekapan Semeru
Penulis: RJL 5 - Fajar Aditya
Penerbit: PT. Elex Media Komputindo
Cetakan Pertama: Juli 2022
Tebal: 214 hlm.
Harga P. Jawa: Rp 99.000


"Kalau ini beneran lo, Bang, tolong jawab satu pertanyaan gue. Lo terakhir pake baju apaan?"

Jelangkung itu kemudian menuliskan jawaban yang membuat tubuh Arif seketika luruh. 

Inilah jawaban atas pencarian yang dilakukan tim selama berminggu-minggu. Arif masih tertegun di tempat, sama sekali tidak menyangka bahwa pendakian ke Semeru akan menjadi perjalanan terakhirnya bersama sahabatnya. 

Ada tujuh cerita yang disuguhkan dalam buku ini. Semuanya adalah cerita berbeda tentang pendakian gunung. Bagi orang yang belum pernah mendaki gunung seperti saya, cerita-cerita seperti ini selalu membuat penasaran. Apakah mendaki gunung selalu identik dengan pengalaman-pengalaman mistis? 

Bagi saya, tujuh cerita terasa sangat singkat dibaca. Seru, sedih, menegangkan. Ada cerita tentang salah seorang pendaki bersama temannya yang hampir hilang di gunung Arjuno. Mereka bertemu dengan sekelompok anak kecil yang mendaki gunung hanya menggunakan kaus, celana pendek dan sandal serta tanpa penerangan! 

Ada juga kisah tentang Arif yang kehilangan sahabatnya saat mendaki gunung Semeru.  Kisah ini pula yang menjadi sinopsis dari buku Hilang Dalam Dekapan Semeru. Cerita ini sangat membekas di hati saya, nyesek banget ngebayangin penyesalan yang pasti dirasakan Arif. 

Saya nggak akan membahas satu per satu ketujuh cerita tersebut. Yang jelas, buku ini sangat cocok dibaca bagi kamu para penggemar cerita horor. Ada banyak pelajaran yang bisa kita dapat dari buku ini serta beberapa pengetahuan tentang pendakian gunung. Namun, yang pasti, di mana pun kita berada, sudah sepatutnya kita bersikap sopan. 

Oh ya, layout buku ini juga istimewa banget. Lumayan mewah dengan beberapa ilustrasi dan font yang tidak membosankan. Jadi, semakin betah bacanya! 

Rating: 9/10 (karena saya sangat suka dengan cerita pendakian gunung, xixi).

You May Also Like

0 komentar